Jumat, 10 Juni 2011

Proses TCP/IP

TCP/IP adalah sekumpulan protokol yang dirancang untuk melakukan fungsi-fungsi komunikasi data, TCP/IP ini terdiri atas sekumpulan protokol yang masing-masing bertanggung jawab atas bagian-bagian tertentu dalam komunikasi data. Protokol yang satu tidak perlu mengetahui cara kerja protokol yang lain, sepanjang ia masih bisa saling mengirim dan menerima data. Berkat penggunaan prinsip ini, TCP/IP menjadi protokol komunikasi data yang fleksibel (Onno. W. Purbo, 1998)

Beberapa lapisan-lapisan pada model TCP/IP :




Gambar : 3.1 Lapisan/Layer TCP/IP

Model arsitektur protokol TCP/IP empat lapis :
-          lapisan aplikasi, terdiri dari aplikasi dan proses yang memakai jaringan
-          lapisan transport, membuat pelayanan pengiriman data antar computer (end-to-end)
-          lapisan internet, menentukan datagram dan pengatur(handle) ruting data
-          lapisan akses jaringan (network access layer), terdiri dari routing untuk mengakses jaringan fisik

Pada dasarnya data akan dikirimkan pada dua sisi, yaitu sisi pengirim dan sisi penerima (Suryadi MT, 1997). Pada komputer pengirim, data bergerak dimulai pada lapisan tertinggi, yaitu lapisan aplikasi, lalu bergerak terus ke bawah menuju transport, network/internet dan lapisan akses jaringan/data link. Pada masing-masing lapisan ditambahan header bits satu persatu sehingga data yang sampai ke lapisan akses jaringan telah mengalami empat kali penambahan, termasuk dari lapisan akses jaringan sendiri. Kemudian data ini dikirimkan menuju lapisan akses jaringan pada sisi komputer penerima.


  

 Gambar 5: Pengemasan data dengan header bits pada tiap-tiap lapisan.

Struktur data yang melalui lapisan protokol TCP/IP diatas bisa digambarkan sebagai berikut :

Lapisan Aplikasi              TCP[stream]                    UDP[message]
 

Lapisan Transport             [segment]                          [packet]        
 

Lapisan Internet                [datagram]                       [datagram]

Lapisan Akses Jaringan     [frame]                             [frame]

Pada gambar ini aplikasi yang mempergunakan TCP adalah data stream, sedangkan aplikasi yang memakai UDP(Using Datagram Protokol) berupa data message. Pada lapisan transport, TCP menyebut data sebagai segment. Sedangkan UDP menyebut data sebagai paket. Di lapisan Internet, semua data dilihat sebagai blok data yang disebut datagram. Kemudian pada lapisan akses jaringan setiap potongan data yang dikirim disebut frame. Datagram adalah format paket yang ditentukan oleh IP. Protokol IP adalah inti dari protokol TCP/IP. Seluruh data yang berasal dari protokol pada lapisan di atas IP harus dilewatkan, diolah dan dipancarkan sebagai paket IP agar sampai ke tujuan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar